BBM Menyiksakan Rakyat

Image

Nah, sekarang, saya akan mengangkat tema tentang kenaikan BBM vs rakyat kecil

Semua pasti tau banget kan, beberapa hari ini, pemberitaan di media kita itu terus-terusan tentang demo yang ada di beberapa tempat?? Dan demonya itu atas nama rakyat kecil lg ! yang demo sih bukan rakyat kecilnya, tapi orang-orang yang mengatasnamakan rakyat kecil..

Nah nah..

Hal itu akhirnya membuat saya berpikir, apakah benar, rakyat kecil minta pembelaan seperti itu?? Apa iya, rakyat kecil itu benar-benar tidak setuju BBM dinaikkan??

Rasa penasaran dalam diri saya itu kuat banget. Dan akhirnya malah membuat saya wawancara random beberapa orang yang termasuk kategori rakyat kecil. Dan jawaban-jawaban mereka cukup mengejutkan loh !

🙂

Ini hasil wawancaranya:

Tukang tahu sumedang di Pasar Rebo

Saya: Pak, gimana pendapat bapak tentang kenaikan harga BBM per tanggal 1 April?? (nanya sambil beli tahu)

Bapaknya: Yah, kalo memang tujuan BBM naik itu untuk kesejahteraan rakyat, saya sih setuju aja, de. Lagipula, saya juga jarang kok pake bensin

Saya: loh, kalo BBM naik kan otomatis harga bahan baku dan lain2nya juga naik, pak ??

Bapaknya: yah, kalau memang bahan baku naik, ya harga juga saya naikkan. Susah amat, de.. Lagipula, waktu jamannya bu m**a juga BBM naik, tapi alhamdulilah sampai sekarang, saya masih bisa kok bertahan hidup. Kalau sekarang memang naik lagi, insyaallah juga saya masih bisa hidup.. (diam sebentar) toh, kalo kita terus berdoa sama Allah dan terus berusaha, rejeki yg halal gak akan kemana, de. Insyaallah, rejeki mah udah diatur sama Allah, gak akan berkurang kok rejeki kalau hanya karna BBM naik.

Saya: (melongo sebentar) makasih ya, pak. Bus saya sudah datang.

Bapaknya: yuk, de. Sama-sama..

****************************************************************************************************

Supir angkot 08 biru (ps. Citeureup – ps. Anyar )

Saya: Pak, katanya ada demo ya yang ke arah istana Bogor??

BS (Bapak Supir): iya neng, katanya sih gitu.

Saya: gak ikutan pak??

BS: ah, engga lah, neng. Kalo ikutan demo mah, bapak nanti gak nyupir dong, trus malah gak dapet uang buat sekolahin anak.

Saya: Bapak setuju gak sih kalau harga BBM naik??

BS: Bapak mah terserah aja, neng. Kalo naik ya yaudah, kalo engga ya alhamdulilah.

Saya: kalo BBM naik, nanti angkotnya gimana dong pak??

BS: ya tetep nyupir lah neng. Paling bapak naikin 500 ongkosnya.

Saya: gak takut nanti sepi penumpang, pak??

BS: Engga, neng. Kalo penumpang mah pasti ada aja. Biar gimana juga, kan yang lain butuh naik angkot.

Saya: Jadi, secara tidak langsung, bapak setuju BBM naik??

BS: Bapak mah netral, neng. Ibarat kata, naik ya terima, engga ya alhamdulilah..

Saya: ooh.. (berpikir, diam mencari pertanyaan lagi)

BS: (memecah keheningan) cuman bapak teh suka kesel sama demo-demo mahasiswa  yang katanya membela rakyat kecil. Bapak ngeliatnya kayak munafik gt, neng..

Saya: munafik giman..(belom selesai ngomong)

BS: mahasiswa-mahasiswa menolak BBM naik, katanya atas nama rakyat kecil. Tapi mereka gak sadar, mereka kadang yang suka bikin susah bapak. Sering banget bayar angkot kurang. Kadang, perjalanan agak jauh bayarnya cuman seribu.  Giliran bapak bilang ‘ongkosnya kurang’ malah galakan dia dan bilang ‘biasanya juga segitu’. Malah bikin bapak rugi kadang-kadang, jadi harus kejar setoran. Makanya bapak suka males kalo yang naik mahasiswa. Bayarnya suka kurang.

Saya: hehehe (cuman bisa nyengir)

BS: Nanti BBM naik, belom tentu mahasiswa itu bayarnya juga naik. Bisa jadi sama aja. Katanya bela kita, tapi perlakuannya ke kita begitu. (sambil ngelap keringetnya)

Saya: hehehe, iya ya, pak.. (bener-bener speechless)

BS: Neng, kerja?? Atau masih kuliah?? (lah, ini kenapa jadi saya yang diwawancara??)

Saya: udah kerja pak.. (gak ngaku kalo kuliah sambil kerja :p )

BS: dimana, neng??

Saya: Konsultan Pajak, pak.. (dalam hati berkata: ini siapa yang jadinya di wawancara sih?? -_-“)

BS: pekerjaan kayak gitu rawan yah, neng. Bapak mah kasih tau aja neng, dan bapak doain semoga jadi pegawai pajak yang jujur ya, neng. Yang penting nengnya aja jujur dulu. Kalo diatasnya gak jujur kan itu urusan blakangan, neng. Dosa, neng. Ngeri ngebayanginnya. Semoga si enengnya juga sukses ya, neng. Biar nanti, siapa tau 10 tahun lagi, bapak ngeliat neng di tipi karena prestasi neng di bidang pajak. Biar ni rakyat sejahtera yah, neng..

Saya: aminn pak, aminn (mata berkaca2, terharu denger doanya)

*************************************************************************************************

Pembicaraan supir dan kenek bus P9BT (Kp. Rambutan – Bekasi)

S (Supir): masih ada kagak sih demonya??

K (kenek): gak tau, katanya udah selesai

S: ah, demo bikin repot aje. Ini setoran udahan belom??

K: belom, kurang dikit lagi

S: nah kan, biasanya nih kita jam sgini udah balik setoran, gara-gara demo jadi malah kurang setorannya. Alaaaahhh.

K: iya, mereka yang demo, kita yang susah yoo

I (ibu2 yang ikutan pembicaraan mereka): bikin macet ya, pak demo tuh?!

S: walah, bukan macet lagi bu, saya jadi kurang setoran gara-gara demo. Jadi harus narik lagi deh.

I: iya tuh, saya denger yang demo mahasiswa ***, ***, sama ******** ya?? Bukannya lagi pada UTS itu??

S: halah, gak tau lah saya, bu. Yang jelas, demo bikin ribet ! bukannya pada belajar, malah demo (ngebut dengan kecepatan tinggi)

I: hahahaha, rencananya kalo BBM naik, naik juga dong harga bus??

S: iya bu, kmaren manajemen udah ngasih kebijakan kok mengenai tarif kalau memang naik. Gak ngaruh buat saya mah bu. Mau naik bus, ya silahkan. Mau engga naik juga gapapa.

Saya: (manggut-manggut menyimak pembicaraan mereka)

*************************************************************************************

Supir taksi ‘si putih’

Saya: pak, BBM mau naik, kebijakan dari manajemen ‘si putih’ gimana, pak??

ST (Supir Taksi): ya, saya sih belom denger ada kebijakan apa-apa, tapi pastilah akan ada kebijakan dari atas.

Saya: emang sebenernya, bapak setuju gak sih BBM naik??

ST: ya, kalau yang saya denger kan, BBM naik karena harga minyak dunia memang naik. Jadi, ya saya sih setuju-setuju saja.

Saya: emangnya kalau BBM naik, gak takut penumpangnya jadi dikit, pak??

ST: insyaallah, rejeki ada yang ngatur.

Saya: kan saya denger tuh pak, BBM naik buat kesejahteraan rakyat, pak..

ST: alhamdulilah kalau begitu. Amin ya Robbal Alamin. Saya sih meng-amin-kan saja doa yang baik.

Saya: hehehe, emang gak takut dananya di korupsi ya, pak??

ST: Naudzubillah, mba. Kalo kita berpikirnya seperti itu, nanti bisa kejadian beneran, mba. Astagfirullahaladzim..

Saya: hehehe, abisnya pak, kata pemberitaan sih gitu, trus katanya  yang pake BBM bersubsidi juga golongan yang mampu..

ST: BBM bersubsidi itu kan premium, mba. Emang sih, kita suka liat ya, mobil-mobil bagus kok isi premium?? Gitu toh?? Nah, kalo saya sih, biarin aja. Mereka kok gak malu ya mobil bagus isi premium. Udah gitu, apa mereka bodoh ya, kalau setiap mobil itu bahan bakarnya beda2. Kalau mobil mereka seharusnya diisi solar/pertamax, tapi mereka isi premium, itu kan sama saja merusak mesin mobil mereka. Makanya, saya sih gak suka usil, mba. Saya diemin aja, tp saya ketawa aja dalam hati. Pasti umur mobil mereka itu gak lama deh.

Saya: loh, bapak itu namanya jadi semacam “menyumpahi” dong??

ST: bukan menyumpahi, mba. Cuman seharusnya mereka berpikir. Mereka yg beli bensin itu pasti orang pinter ya toh?? Wong saya yang cuman tamat SMP aja ngerti kok, jenis-jenis mobil yang bahan bakarnya khusus.

Saya: hehehe, iya sih pak..

ST: Makanya itu, mba. Saya sih, suka geli sendiri kalo ada mobil bagus isi BBM bersubsidi. Kadang, saya suka tebak-tebakan sendiri, kira-kira itu mobilnya tahan brapa tahun ya, saya mah kasian sama mobilnya, kerja mesinnya jadi lebih berat.

Saya: ahahaha,,, jadi kasihan sama mobilnya ya, pak. Bukan sama orangnya..

ST: iya, mba. Sama orangnya sih saya biarin aja. Lagian mereka juga bodoh, mobil begitu kok diisi sembarangan bensinnya.  Hahahaha..

Saya: ahahahaha. Jadi, secara tidak langsung, bapak setuju gak sama kenaikan harga BBM ??

ST: Insyaallah saya ikhlaskan, mba.  Apapun keputusan pemerintah nanti, kalau tujuannya baik, ya saya aminkan saja. Kalau tujuannya jelek, naudzubillah, mba. Tapi kalo memang tujuannya jelek, ya saya cuman yakin kalo Allah itu Maha Melihat, mba. Masalah setoran dan yang lainnya, insyaallah, saya serahkan sama Gusti Allah..

——————————————————————————————————————————————

Nah loh, jadi bingung saya -______-‘’ mungkin saya kurang narasumber kali ya.. kebetulan aja ini jawabannya hampir sama semua. besok cari lagi lah ya,,, siapa tau jawabannya akan berbeda :)) hihihi. .

Yasudahlah, mau BBM naik atau engga, yang penting, berat badan saya gak semakin naik *liat lipatan perut* T_T

hy

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s