Anonymous Ditakuti Pakat IT

Gambar

 

RISET yang dilakukan oleh penyedia layanan keamanan cyber Bit9 menyatakan 61% profesional dan pakar teknologi informasi (TI) takut pada kelompok peretas Anonymous.

Survei tersebut diikuti oleh 1.800 responden dari seluruh dunia percaya mereka dapat dijadikan target penyerangan dalam waktu enam bulan ke depan. Anonymous memang sering berulah dengan meretas situs-situs pemerintah seperti Yunani, China, dan Inggris.

Daftar korban mereka tidak hanya pemerintah, tetapi juga lembaga keamanan seperti CIA dan FBI yang diserang beberapa bulan lalu, LSM internasional Stratfor, dan Microsoft.

Walaupun begitu, Anonymous bukanlah satu-satunya aktor penting dalam insiden tersebut, para penjahat cyber diyakini juga menjadi ancaman keamanan dunia TI saat ini.

Kedua penjahat tersebut, menurut survei biasanya selalu menyerang dengan menyebarkan virus seperti trojan, rootkit, worm, phishing, unduhan dan SQL bervirus, dan DDOS.

Menanggapi hasil survei, Chief Technology Officer Bit9 Harry Sverdlove mengatakan, ”Hasilnya cukup menarik, dimana orang-orang takut diserang para hactivist seperti Anonymous, tapi mereka juga menyadari bahwa serangan paling menakutkan justru berasal dari organisasi kriminal dan juga negara bangsa.”

Negara yang dimaksud Sverdlove merujuk pada survei ialah China dan Rusia. Kedua negara tersebut pernah dituduh oleh Amerika Serikat pada November 2011 karena menggunakan mata-mata untuk mencuri rahasia teknologi dan perdagangan.

Namun, terdapat 26% responden yang menyatakan bahwa perangkat komputasi mereka aman dari serangan dengan mengandalkan piranti lunak yang terpasang di dalamnya. (TheNextWeb/*/OL-14)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s