Anonymous ‘cerai’ dengan Wikileaks

Gambar

 

Wikileaks nampaknya harus rela kehilangan salah satu pendukungnya yang paling setia. Hal ini setelah grup hacker Anonymous menyatakan untuk memisahkan diri dari perjuangan yang dilakukan Wikileaks.

Anonymous, menurut informasi Mashable (13/10), menyatakan perpisahan itu dalam sebuah tweet pada salah satu dari sekian banyak akun Twitter yang mereka gunakan. Perpisahan ini dilakukan Anonymous setelah selama lebih dari dua tahun mereka melindungi dan mendukung Wikileaks. Bentuk dukungan diperlihatkan melalui berbagai serangan hack kepada pihak yang merugikan atau menyerang kepentingan Wikileaks.

Perpisahan ini kemungkinan dilandasi beberapa ketidakpuasan Anonymous terhadap kebijakan baru Wikileaks. Sebab pertama adalah pemasangan halaman donasi di website milik Halaman donasi yang muncul secara otomatis setiap pengunjung masuk ini dirasa Anonymous sebagai cara pengambilan keuntungan. Hal ini dirasakan Anonymous bertentangan dengan visi Wikileaks yang menjunjung transparansi dan layanan publik.

Sebab kedua adalah terlalu kentalnya peranan Julian Assange, pendiri Wikileaks, dalam setiap kiprah Wikileaks. Hal ini berujung pada Julian Assange lah yang paling berjasa membongkar rahasia-rahasia pemerintah Amerika Serikat sehingga peran pihak lain di Wikileaks tidak terlihat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s