“Anonymous” peringkat satu polling majalah TIME

Gambar

 

Secara mengejutkan, kelompok peretas “Anonymous” menduduki peringkat pertama dalam jajak pendapat majalah TIME, seperti dilaporkan oleh Majalah TIME, Jumat (6/4). Mereka terkenal karena sering melakukan serangan terhadap situs-situs pemerintah, korporasi, dan lembaga. 

Baru-baru ini mereka membobol situs resmi pemerintah China dengan metode DDoS (distributed denial-of-services), dengan alasan negeri tirai bambu itu melakukan sensor internet.

Entah bagaimana caranya Anonymous bisa berada pada peringkat pertama jajak pendapat majalah Time. Sepak terjang kelompok ini dimulai pada Januari 2008 ketika mereka meretas dan mengubah tampilan muka situs http://www.scientology.org, sebuah agama sempalan yang didirikan seorang penulis Amerika Serikat, L. Ron Hubbard pada 1952.

Saat itu ada sebuah video yang diunggah ke Youtube berisi cuplikan tentang Tom Cruise yang menganut Scientology. Pihak gereja Scientology keberatan karena video itu memiliki hak cipta lalu menuntut agar rekaman itu dihapus. 

Mulai 2010, Anonymous melancarkan serangan rutin terhadap situs-situs pendukung hak cipta. Kelompok ini juga dianggap berkaitan erat dengan pendiri situs Wikileaks, Julian Assange. 

Berbagai lembaga dan pemerintah naik pitam karena perusakan tampilan (deface) yang dilakukan Anonymous dan melakukan bemacam cara, yakni memblokir transaksi internet antarbank internasional yang dicurigai untuk membiayai kegiatan kelompok ini.

Aparat hukum kesulitan untuk membekuk anggota Anonymous karena memang tidak memiliki struktur organisasi jelas.

Kelompok peretas itu meluncurkan sebuah aplikasi bernama Low Orbit Ion Cannon (LOIC) sehingga semua orang dapat berpartisipasi meretas situs yang mereka benci.

Mereka kini meluaskan serangan terhadap situs-situs pornografi anak hingga mengganggu transaksi berbagai kartel di Meksiko. Anonymous juga berusaha untuk melumpuhkan server pemerintah Israel dan beberapa lembaga pertahanan Amerika Serikat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s