10 Pemain Paling Loyal Pada Era Sepak Bola Modern

1. Paolo Maldini – AC Milan
Nama Paolo Maldini mungkin bukanlah siapa-siapa saat ia memulai karirnya bersama tim utama AC Milan pada tahun 1985.
Sejak saat itu lah peran Maldini dirasa
penting bagi klub asal kota Milan tersebut. Setelah menyandang ban kapten, sosok Maldini semakin disegani baik oleh kawan maupun lawan. Bahkan, Inter Milan yang terkenal sebagai seteru abadi AC Milan sampai membentangkan banner guna menunjukkan rasa hormat mereka terhadap pemain belakang tersebut.
Selama karirnya, Maldini pun sempat
mendapat julukan Il Capitano dan telah
memenangkan tujuh gelar Seria A serta lima trofi di level Eropa.

2. Ryan Giggs – Manchester United
Ryan Giggs melakoni debut bersama Manchester United pada tahun 1990. Sejak saat itu, Giggs telah menjadi salah satu sosok kunci dalam kesuksesan MU.
Di usianya yang mencapai 39 tahun tersebut, penampilan Giggs sama sekali tidak menurun drastis. Bahkan sang manager sempat menyatakan bahwa dirinya masih bisa bermain hingga satu tahun ke depan.
Selama bermain bersama United, pemain
asal Wales ini telah memenangkan 12 titel
Premier League dan dua trofi Liga Champions. Giggs piun juga tercatat sebagai pemain yang tampil paling banyak bersama Manchester United hingga sekarang ini.

3. Steven Gerrard – Liverpool
Selain Carragher Liverpool juga memiliki
pemain lain yang juga termasuk dalam
kategori setia. Tentu saja pemain itu adalah Steven Gerrard.
Memulai karirnya bersama tim reguler
pada tahun 1998, Gerrard sudah dipercaya untuk menyandang ban kapten pada tahun 2003. Salah satu kesuksesan besar pemain gelandang ini adalah membawa Liverpool mengangkat trofi Liga Champions pada tahun 2005 dengan cara yang sangat dramatis – tertinggal tiga gol di babak pertama, dan akhirnya sukses menyamakan skor di babak kedua, serta memenangi drama adu penalti.
umpan terukur, visi permainan bagus, serta tendangan keras dan akurat jelas membuat tim-tim lain kepincut terhadap kapten The Reds tersebut. Akan tetapi,kesetiaan Gerrard terhadap Liverpool
mengalahkan segala tawaran yang mampir kepada dirinya.

4. Francesco Totti – AS Roma
Francesco Totti mungkin adalah salah satu
talenta luar biasa yang dimiliki AS Roma.
Pasalnya, Totti sudah mampu melakukan debut bersama tim Serigala Ibu Kota tersebut sejak usianya baru 16 tahun.
Saat ini, Totti sendiri tercatat sebagai pemain yang paling banyak tampil bersama Roma. Selain itu torehan golnya juga masih belum bisa disamai oleh pemain Roma lainnya.
Kapten Roma ini sukses mengecap manisnya trofi Piala Dunia pada tahun 2006. Ia pun saat ini dikenal sebagai pemain yang disegani di Roma, Italia bahkan dunia, terlebih saat mengenakan seragam AS Roma.
Kontrak pemain 35 tahun itu pu akan berakhir pada pertengahan 2014. Akan tetapi, hal itu adalah sebuah formalitas semata. Pasalnya, Totti dan Roma sudah seperti dua sisi mata koin yang tidak bisa terpisahkan.

5. Iker Casillas – Real Madrid
Iker Casillas sudah memulai membela Real
Madrid sejak tahun 1990. Akan tetapi ia baru mendapatkan posisi utama setelah ia mengabdi selama sembilan tahun. Bersama Madrid, Casillas juga sangat sering memenangkan gelar baik di kancah Eropa maupun domestik. Bahkan Casillas juga dipercaya menjadi salah satu kapten terbaik pada sejarah sepakbola Spanyol yang mampu memenangkan trofi Piala Dunia dan Piala Eropa.

6. Tony Adams – Arsenal
Tony Adams sudah bergabung dengan
akademi Arsenal sejak tahun 1980.
Kemudian Adams muda sudah melakukan debut pada tahun 1983 dan menjadi kapten saat masih berusia 21 tahun.
Bahkan ia dipercaya untuk menjadi kapten selama 14 tahun ke depan saat dirinya memutuskan untuk pensiun.
Bahkan saking loyalnya, Adams sempat memiliki julukan ‘Mr. Arsenal’. Ia pun menjadi salah satu anggota ‘famous four’ yang sangat terkenal dengan jebakan offside mereka kala itu.
Guna mengenang salah satu legenda
mereka, Arsenal sampai memajang patung Adams di depan Stadion Emirates pada ulang tahun mereka yang ke-125 2011 lalu.

7. Lionel Messi – Barcelona
Lionel Messi memulai karirnya di akademi
La Masia sejak berusia 13 tahun. Pemain asal Argentina tersebut memulai debutnya di tim reguler Barcelona pada tahun 2004 di bawah kepemimpinan pelatih Frank Rijkaard. Dimulai sejak saat itu lah nama Messi semakin lama-semakin melambung dan terkenal di seantero penjuru dunia.
Bahkan diusianya yang masih tergolong muda bintang asal Argentina tersebut telah memecahkan sejumlah rekor dan memenangkan banyak penghargaan baik di level klub dan pribadi.
Kesetiaan Messi terhadap Barcelona nampaknya juga tidak perlu lagi dipertanyakan. Pasalnya, pemain 25 tahun ini dikabarkan baru saja menolak tawaran Anzhi Makhachkala sebesar yang ditaksir bernilai 205 juta pounds.

8. Jammie Carragher – Liverpool
Jammie Carragher melakukan debutnya bersama tim reguler Liverpool pada tahun
1996. Saat itu, Carragher muda masih baru berusia 18 tahun.
Sejauh ini, pria yang didaulat menjadi wakil kapten The Reds tersebut telah tampil sebanyak 700 kali bersama klub asal Merseyside tersebut. jumlah tersebut jelas terhitung ke dalam salah satu pemain
dengan penampilan terbanyak bersama
Liverpool.
Sebuah jawaban mengejutkan pun sempat
terlontar dari pemain belakang ini saat ditanya mengapa tidak pindah ke tim lain: “Tim mana yang lebih besar dari Liverpool?”

9. Carles Puyol – Barcelona
Kesetiaan Carles Puyol terhadap Barcelona nampaknya tidak bisa dipertanyakan lagi. Bergabung ke akademi La Masia pada tahun 1995, Puyol sudah mampu melakukan debut bersama tim reguler empat tahun kemudian. Tahun 2004 pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut sudah dipercaya untuk menjadi kapten tim berjuluk Blaugrana tersebut. Kesetiaan Puyol tersebut berbuah manis.
Sejumlah trofi, La Liga, Liga Champions, Liga Europa (dulunya UEFA), dan Copa del Rey, pernah ia angkat. Selain itu, dua raihan trofi Piala Dunia semakin mempermanis karir sepakbola dirinya.

10. Paul Scholes – Manchester United
Saat ini Paul Scholes sudah memasuki usia
38 tahun. Bergabung dengan Manchester
United pada tahu 1993, Scholes telah banyak memenangkan sejumlah trofi baik di level Eropa maupun domestik.
Kemampuan Scholes dalam memberikan umpan dan mencetak gol memang sudah
terlihat sejak dirinya masih sangat muda.
Alhasil di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, gelandang United tersebut semakin berkembang sebagai pemain yang tengah yang luar biasa. Bahkan ia sempat menjadi salah satu pemain tengah terbaik di Inggris pada eranya.Sempat memutuskan pensiun pada tahun 2011, Scholes akhirnya memilih kembali untuk memperkuat The Red Devils untuk durasi satu tahun ke depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s